YEAY... LULUS PROGRAM MICROCREDENTIAL CS50X INDONESIA HARVARD UNIVERSITY tahun 2022 (Jangan main-main dengan fikiranmu)

 "Jangan main-main dengan fikiranmu!"

Assalamualaikum teman-teman ... Pernah dengar kalimat diatas ? Ternyata bukan cuma ucapan yang harus dijaga, tapi fikiran juga loh!. Karena itu kualami sendiri😮

Begini ceritanya!  
Jadi aku sering merefleksi diri tentang kemampuanku yang masih banyak kurangnya, tidak mengikuti perkembangan zaman terutama dalam hal pemrograman, iya benar, Coding😁. Aku ingin sekali kenal sama si Python ("bahasa pemrograman"). 

aku cari-cari di web untuk belajar tapi cukup menguras kantong biayanya, ingin belajar dari youtube belum terlaksana karena aku terlalu sibuk (sombong amat😀). Nah jadilah hari-hariku dipenuhi keinginan untuk kenalan sama si Python ini.. 

Hingga suatu hari ada info di komunitas Duta Teknologi, bahwa kemendikbudristek mengadakan pelatihan Digital Skill untuk guru bekerjasama dengan Harvard University, dalam program microcredential CS50x Indonesia Harvard University.  Wah aku langsung tancap gas untuk mendaftar dong, dan  ternyata harus punya sertifikat toefls serta harus lulus wawancara dalam bahasa inggris juga. wow,,

 

Mengapa Bahasa Inggris menjadi syarat dalam kegiatan tersebut? 

Karena instruktur dan dosennya kan orang amerika (bukan amerini😀) pasti pakai bahasa Inggris dong😁jadi minimal kita harus bisa memahami apa yang disampaikan abang-abang dari Harvard ini.  

dan ... yeay.... Alhamdulillah aku bisa melewati tahap wawancaranya!

Seneng dan bersyukur banget bisa ikut di program ini. Microcredential CS50x Indonesia Harvard University tahun 2022 ini merupakan pilot projek yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru informatika dalam mendorong siswa bernalar kritis serta mewujudkan karakter profil pelajar pancasila.  

Sylabus

Silabus ternyata sudah dirancang sedemikian maniz oleh harvard university loh. semua di set ke dalam istilah "week". Dimulai dari week 0 sampai week 9. ditambah Tes dan Final Projek.  Kegiatan dimulai tanggal 18 Oktober 2022.

Dan kalian tahu aku ketemu siapa di silabus itu? Yeah.. Si Python😍. yang selama ini selalu ada dalam fikiranku.

Cek ya silabusnya dibawah ini



Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah blended learning, dimana pembelajaran dilaksanakan secara sinkronous dan asinkronous dengan memanfaatkan LMS dalam kegiatan penugasannya. 

Singkatnya begini😀 

Setiap week

  1. Ada video yang harus ditonton (video prof Malan mengajar di CS50 Harvard)
  2. Ada problem set yang harus dikerjakan 
  3. Harus mengumpulkan tugas  melalui gradescope
  4. Ada Session video conference dengan Dosen pendamping atau Fellow Teacher melalui  zoom (link sudah tersemat di web CS50x Indonesia) -  
  5. Ada sesi minta bantuan dengan Felow Teacher (Office Hour)
  6. Tersedia forum media sosial untuk curhat bugs dan tegur sapa di edstem.org

untuk diawal-awal week, code editor yang diapakai adalah visual studia code (VSC), namun setelah masuk python menggunakan code editor berbasis cloud yakni github.


Tahukah kalian?

Problem set yang harus dikerjakan itu sangat amat menguras fikiran sampe rasanya pusing tujuh keliling mengerjakannya dan parahnya kita ga boleh njiplak punya teman loh (aku sempat ingin menyerah😭). 

Harvard Univ sangat mengedepankan kejujuran (Academic Honesty) yang sangat tidak mentolerir terhadap plagiarisme dalam bentuk apapun, sampai ada beberapa temen  yang harus berhenti ditengah jalan karena terdeteksi melakukan plagiarisme (turut prihatin😩), walau diberi kesempatan pengakuan dosa (clause regret) namun ada sekitar 29 orang yang tetap tereliminasi. Jadi tersisa 121 orang.

Hal terpenting dari program ini adalah bahwa nilai bukanlah target utama  namun lebih kepada proses perubahan yang dialami setelah mengikuti pembelajaran. 





Materi yang dipelajari pada dasarnya sama dengan kursus lain namun gaya mengajar, pemberian pemahaman prof Malan sangat berbeda dan aku sukaaa banget. Menurutku gaya mengajarnya sangat sesuai dengan gaya mengajar guru yang diharapkan dalam kurikulum merdeka. 

Kasus yang diberikan pada penugasan wow banget! sangat kontekstual dan mengksplorasi cara berfikir komputasi dan abstraksi sampai  bikin ga bisa tidur! 😂

Week by week berhasil aku lalui guyz, sampai dengan Final Projek. Engga kerasa sudah 5 bulan berjalan dan Akhirnya dengan susah payah, program berhasil aku selesaikan.. horeee. Alhamdulillah. 

Walau sempet kecewa karena ga jadi diajak ke Harvard, tapi terobati sedikit dengan diadakannya meet & greet Prof. Malan dan Fellow Teacher ke Jakarta di tanggal 8 s.d 11 Maret 2022, jadi kami para peserta yang 121 orang ini di inapkan di hotel Kristal Cilandak selama 4 hari dan mengikuti Lokakarya di Jakarta Intercultural School (JIS) yang jaraknya hanya beberapa meter dari hotel.  yeaay Alhamdulillah.. 

Semoga pengalaman belajar dan computer science yang aku pelajari dapat aku terapkan dengan baik dan siap berbagi dengan rekan-rekan lain. 

Sekian dulu yach.. terimakasih sudah membaca tulisanku ini.. 



 

0 Comments: